Hot News
Loading...

Menelusuri Pesta adat Orang Tana Ai Maumere Flores

Maumere Berbudaya

PESTA ADAT GAWI DJAGO/NAMANG_TANA AI

Tarian Blassi Allo.

Ini merupakan salah satu dari beberapa tradisi Pesta Adat Tana Ai,yang terdapat di desa Ojang dengan desa Timu Tawa,kec.Talibura,kab.Sikka.

Tradisi pesta adat Tana Ai merupakan pesta adat tradisional,yang belum di kenal oleh masyarakat luas,krn letaknya paling timur dari kota Maumere.Pesta adatnya pun terdapat beberapa tingkatan2 yakni:

1.pesta adat Gle' Mahe :

merupakan pesta adat dengan kurun waktu 2-10 tahun,tergantung dari kesepakatan pemuka- pemuka adat,dan merupakan pesta adat yang paling meriah,bulan-bulan yang biasa di adakan yaitu sekitar bulan September sampai dengan bulan Nnovenber.

2.pesta adat Gle' Etta'an:


ini merupakan pesta adat syukuran tahunan level 1.Pesta ini biasa di buat oleh sekelompok ladang,di adakan secara serempak dlm 1 hr.Pesta yg ini biasa terdpt tarian Wadong Djago(namang) dan Blassi Allo yg ini bisa di lakukan apabila pesta adat level 2 telah rampung di adakan.Waktu pestanya bln oktober-november setiap tahunnya.Wadong Djago(namang)untuk pria dan Blassi Allo untk wanita.

3.Pesta adat Bello Tekkan:


ini merupakan pesta adat syukuran level 2,dan di adakan setiap tahun trgantung dari kesepakatan antara tua2 adat dgn pemilik ladang,bisa diadakn bisa juga trgantung dr kondisi ekonomi,begitu pula dgn tarian Wadong Djago(namang) dan tarian Blassi Allo.

Tarian Namang Wadong Djago.


SUMBER : FORUMPEDULIRAKYATSIKKA | PETRUS LEWAR
EDITOR : GABRIEL KRADO
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment
Comments
0 Comments

0 komentar :

Posting Komentar